jenis pekerjaan yang berkaitan dengan pemanfaatan sumber daya laut

Jakarta - Indonesia merupakan negara maritim dan memiliki ribuan pulau. Kondisi geografis ini menyebabkan ada banyak pekerjaan yang berkaitan dengan pemanfaatan sumber daya laut.

Sumber daya laut yang ada di Indonesia terbagi menjadi unsur hayati dan nonhayati. Melansir dari buku Arif Cerdas untuk Sekolah Dasar Kelas 5 karangan Christiana Umi, beberapa contohnya antara lain adalah ikan, terumbu karang, wisata bahari, minyak dan gas bumi, bahan mineral, dan sebagainya.

Sumber daya laut Indonesia memiliki potensi ekonomi yang bernilai tinggi. Hal ini juga dapat menunjang kehidupan perekonomian masyarakat yang tinggal di wilayah pesisir.

Apa saja jenis pekerjaan yang berkaitan dengan pemanfaatan sumber daya laut?

1. Nelayan
Nelayan merupakan seseorang yang mendapatkan penghasilan dari pekerjaan mencari dan menangkap ikan di laut. Nelayan ada yang menggunakan kapal kecil dan kapal besar untuk menangkap ikan.

2. Pertambangan minyak lepas pantai
Pekerjaan ini umumnya dilakukan oleh perusahaan-perusahaan besar yang bergerak di eksplorasi sumber daya alam terutama minyak bumi.

3. Sektor usaha pariwisata, misalnya toko cendera mata, persewaan perahu, pemandu wisata, rumah makan, dan sebagainya.

Beberapa pekerjaan yang berhubungan dengan sumber daya laut juga termasuk ke dalam persewaan perahu, pemandu wisata hingga rumah makan. Karena biasanya pantai memiliki daya tarik tersendiri untuk wisatawan.

4. Pelayaran
Pelayaran adalah satu kesatuan sistem yang terdiri dari angkutan di perairan, kepelabuhan, keselamatan dan keamanan serta perlindungan lingkungan maritim. Pelayaran juga menjadi sarana penting untuk menjaga keselamatan berlayar bagi berbagai macam kapal.

5. Sektor usaha di pelabuhan
Perkembangan pelabuhan di Indonesia tidak bisa lepas dari reformasi maritim Indonesia termasuk aspek pelayaran pelabuhan, logistik, pendidikan maritim dan aspek hukum. Pelabuhan juga sering disebut sebagai urat nadi untuk ribuan perusahaan penyedia jasa usaha kepelabuhan.

Menurut buku Geografi: Sebaran dan Pengolahan Sumber Daya kehutanan, Pertambangan, Kelautan, dan Pariwisata yang dirilis Kemdikbud, Indonesia menempati posisi ke-4 di Asean dari segi pariwisata.

Sementara, berdasarkan Buku Penunjang Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan SMP/MTs Kelas VIII karya Mapata , pengembangan sektor perikanan dapat dilakukan dengan menggunakan alat tangkap ikan tradisional. Tujuannya, agar benih-benih ikan lainnya bisa tumbuh dan berkembang.

Negara Asean yang sangat terkenal dengan perikanan lautnya adalah Malaysia, Thailand, Filipina, dan Vietnam.

Selain sebagai mata pencaharian, penduduk pesisir juga dapat memanfaatkan sumber daya laut sebagai bahan makanan serta obat-obatan. Kendati begitu, pemanfaatannya tetap memerlukan pelestarian yang berkelanjutan.

Itulah beberapa jenis pekerjaan yang berkaitan dengan pemanfaatan sumber daya laut. Semoga informasinya bermanfaat, detikers!

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url